Endorfin: Fungsi, Level, dan Dorongan Alami

Mengapa Kita Membutuhkan Endorfin?

Apa itu endorfin?

Pernah merasa luar biasa setelah melakukan latihan yang baik dan sulit? Anda mungkin pernah mendengar bahwa "tinggi" Anda disebabkan oleh neurokimia kecil yang dikeluarkan oleh tubuh Anda. Neurokimia ini disebut endorphins. Sementara endorfin mungkin membuat Anda merasa nyaman setelah jogging panjang, ada banyak hal yang perlu diketahui tentang peran yang mereka mainkan dalam mengatur tubuh Anda.

Kata endorphin berasal dari menyusun kata-kata "endogen", yang berarti dari dalam tubuh, dan "morfin," yang merupakan pereda nyeri opium. Dengan kata lain, endorfin mendapatkan nama mereka karena mereka penghilang rasa sakit alami.

Endorfin terdiri dari sekelompok besar peptida. Mereka diproduksi oleh sistem saraf pusat dan kelenjar pituitari. Karena endorphin bertindak pada reseptor opiat di otak kita, endorfin mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kenikmatan, menghasilkan perasaan sehat. Endorfin dilepaskan sebagai respons terhadap rasa sakit atau stres, tetapi mereka juga dilepaskan selama aktivitas lain, seperti makan, olahraga, atau seks.

Apa tujuan endorphin?

Tidak semua dari peran endorphin bermain di dalam tubuh sepenuhnya dipahami. Kita tahu bahwa endorfin penting untuk mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kesenangan.

Endorphins terlibat dalam rangkaian penghargaan alami kita dan terkait dengan aktivitas penting seperti makan, minum, kebugaran fisik, dan hubungan seksual. Endorfin juga meningkat selama kehamilan. Mereka meminimalkan ketidaknyamanan dan rasa sakit dan memaksimalkan kesenangan. Ini membantu kita untuk terus berfungsi meski cedera atau stres.

Karena manusia secara alami mencari kesenangan dan menghindari rasa sakit, kita lebih mungkin melakukan aktivitas jika itu membuat kita merasa baik. Dari sudut pandang evolusi, ini membantu menjamin kelangsungan hidup.

Manusia adalah makhluk sosial, dan kita berkembang dalam komunitas. Endorphin telah terbukti juga membantu memperkuat keterikatan sosial. Meskipun ini mungkin tidak sepenuhnya benar lagi, dalam sejarah manusia awal, orang-orang yang bersama-sama dalam kelompok sosial lebih mampu bertahan dan bereproduksi.

Apa manfaat dari endorfin?

Dengan mempromosikan rasa kesejahteraan secara keseluruhan, endorphin memiliki banyak manfaat, termasuk:

Mengurangi depresi

Hampir satu dari lima orang akan mengalami depresi di beberapa titik selama mereka masa hidup. Banyak penelitian telah melihat olahraga dalam mengurangi gejala depresi, dan mayoritas penelitian ini menunjukkan manfaat positif yang terkait dengan olahraga. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami peran endorfin dalam mengobati depresi.

Mengurangi stres dan kecemasan

Endorfin dapat memainkan peran penting dalam mengurangi stres dan kecemasan. Sebuah penelitian pada tikus menunjukkan hubungan langsung antara kadar endorphin dan perilaku cemas pada tikus. Lebih banyak studi penelitian pada manusia diperlukan.

Meningkatkan harga diri Anda

Perasaan positif juga membuat Anda merasa percaya diri dan optimis, sehingga memberikan dorongan harga diri Anda. Dalam satu penelitian kecil, endorfin dikaitkan dengan harga diri yang tinggi pada sekelompok kecil pria. Studi yang jauh lebih besar dibutuhkan.

Mengurangi berat badan Anda

Peran endorfin dan hormon lain dalam mengatur nafsu makan dan asupan makanan Anda sangat kompleks. Sementara makan makanan yang baik dianggap meningkatkan kadar endorphin, tingkat endorfin yang lebih tinggi juga telah ditunjukkan dalam penelitian pada hewan untuk membantu mengatur nafsu makan. Lebih banyak penelitian pada manusia diperlukan untuk memperjelas efek ini.

Membantu Anda mengatasi rasa sakit saat persalinan

Melahirkan dapat menjadi pengalaman yang sangat bermanfaat, namun sangat menyakitkan. Endorfin dapat membuat persalinan menjadi lebih mudah. Sebuah penelitian kecil pada 45 wanita sehat yang melahirkan menemukan bahwa kadar beta-endorphin yang rendah pada akhir kehamilan dikaitkan dengan kebutuhan akan pengobatan tambahan obat nyeri selama persalinan. Penelitian tambahan diperlukan untuk menentukan penyebab dan efek yang tepat.

Apa saja gejala defisiensi endorphin?

Kekurangan endorphin tidak dipahami dengan baik. Secara umum, jika tubuh Anda tidak menghasilkan cukup endorfin, Anda mungkin mengalami:

  • depresi
  • kecemasan
  • kemuraman
  • sakit dan nyeri
  • kecanduan
  • kesulitan tidur
  • perilaku impulsif

Cara meningkatkan endorphin secara alami

Anda tidak harus lari seluruh maraton untuk mengalami efek yang menyenangkan dari pelepasan endorphin. Tubuh Anda juga menghasilkan endorfin secara alami ketika Anda melakukan hal berikut:

  • makan cokelat hitam
  • latihan (segala bentuk latihan akan dilakukan, tetapi berolahraga dalam kelompok lebih baik)
  • berhubungan seks
  • buat musik atau seni
  • menari
  • segelas anggur
  • dapatkan akupunktur
  • tertawa
  • nikmati hidangan favorit Anda
  • dapatkan pijatan
  • ambil sauna
  • makan sesuatu yang pedas
  • coba aromaterapi
  • tonton drama TV favorit Anda
  • renungkan
  • relawan

Q:

Apaperbedaan antara endorphins dan dopamine?

A:

Endorphins adalah polipeptida yang dibuat oleh kelenjar pituitari dan sistem saraf pusat. Endorfin terutama membantu seseorang mengatasi stres dan mengurangi rasa sakit. Efek kesenangan yang terkait dengan endorfin adalah sebagian terkait dengan peningkatan produksi dopamin yang terjadi karena aktivitas endorphin.

Dopamin disintesis dari tirosin asam amino oleh hipotalamus, substansia nigra, dan medula kelenjar adrenal. Dopamine memiliki banyak efek dalam tubuh, termasuk meningkatkan suasana hati, menghambat sekresi prolaktin, meningkatkan gerakan tubuh, dan membantu sistem saraf simpatik.

Stacy Sampson, DOAnswers mewakili pendapat ahli medis kami. Semua konten sangat informatif dan tidak boleh dianggap sebagai saran medis.

The takeaway

Kita mungkin tidak tahu semua yang perlu diketahui tentang peran endorphin bermain di dalam tubuh, tetapi jelas bahwa neuropeptida ini memiliki banyak efek positif. Tidak heran kita mendambakan efek setelah peningkatan endorphin.

Untungnya, tidak perlu menjalankan ultramaraton untuk meningkatkan kadar endorphin di otak Anda. Cukup menikmati sepotong cokelat hitam, berinteraksi dengan teman, bermain musik, bermeditasi, atau menonton acara TV favorit Anda dapat membantu meningkatkan kadar endorphin.